Tutorial Membuat Database MySQL di Cpanel

By revti on 11 January 2010 in Tutorial
0
0

Aplikasi berbasis web seperti Joomla atau WordPress menggunakan database MySQL untuk menyimpan data, karena itu sebelum melakukan installasi aplikasi berbasis web anda harus membuat database terlebih dahulu.

Untuk membuat database MySQL, login ke CPanel dan klik di “MySQL Databases” didalam box “Databases“.

Setelah anda masuk ke halaman MySQL Databases, lihat pada box Create New Database. Masukkan nama database yang anda inginkan dan klik pada tombol Create Database.

Selanjutnya anda harus membuat database user untuk mengakses database yang baru saja anda buat. Di halaman MySQL Databases, scroll halaman kebawah hingga anda melihat formulir Add New User.

Username = masukkan nama user yang anda inginkan
Password = masukkan password untuk user
Password (again) = masukkan ulang password, ini untuk menghindari kesalahan ketik

Anda bisa juga menggunakan fitur Password Generator untuk membuat password secara acak. Klik Create User untuk membuat account user.

Langkah terakhir adalah mengkonfigurasi agar user yang baru saja dibuat dapat mengakses database yang telah dibuat sebelumnya. Pada halaman MySQL Databases scroll kebawah hingga anda melihat formulir Add User To Database. Pilih user yang baru saja dibuat dan juga pilih database yang baru saja dibuat kemudian klik di tombol Add.

Pada halaman selanjutnya anda dapat mengkonfigurasi privileges atau hak akses untuk user. Untuk mudahnya beri tanda centang pada ALL PRIVILEGES kemudian klik Make Changes.

Untuk memastikan bahwa user sudah tersambung dengan database, lihat pada bagian Current Databases. Apabila semua benar maka anda akan melihat tabel seperti berikut:

About the Author

revtiView all posts by revti

0 Comments

Add comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*